Selasa, 02 April 2013

Manfaat Dan Kegunaan Email


Kegunaan Email Untuk Mahasiswa 

Kegunaan Email
Email adalah singkatan dari Electronic Mail yang artinya adalah surat elektronik. Email berfungsi sebagai sarana untuk mengirim surat atau pesan  melalui jaringan Internet. Dengan menggunakan Email, kita hanya membutuhkan waktu sebentar agar dokumen yang dikirimkan sampai ke tujuan, dan tidak perlu menunggu berhari-hari seperti halnya mengirim dokumen biasa melalui kantor jasa pengiriman surat/dokumen (pos).
Manfaat Email
Manfaat dan kegunaan email bagi setiap orang berbeda-beda atau relatif. Di era informasi ini akun emailatau biasa kita sebut email, sangat penting bagi seorang pengguna internet (netter). Tanpa email seorang netter tak bisa berbuat apa-apa. Email adalah pusat aktifitas pengguna internet. Segala sesuatu layanan online di internet meminta alamat email.
Berikut ini adalah beberapa manfaat dan kegunaan email yang sering digunakan:
1. Akses bergabung ke situs jejaring sosial.
Bagi kita yang sudah terbiasa menggunakan internet, keberadaan situs jejaring sosialseperti facebook, google plus, linkedin, dan twitter tidaklah asing. Bahkan hampir semua yang mengenal internet ini memiliki akun jejaring sosialtersebut. Nah, untuk registrasi atau memiliki akun jejaring tersebut kita membutuhkan sebuah akun emailsebagai syarat registrasi yang penting.
2. Akses dunia pendidikan yang lebih luas.
Bagi para pelajar, ilmuwan atau siapa pun yang haus ilmu, mempunyai akun emailmembuat mereka mempunyai kesempatan lebih besar untuk mendapatkan berbagai macam ilmu yang mereka butuhkan. Jurnal-jurnal, referensi ilmiah yang tersedia luas di dunia internet dapat dengan mudah bisa kita dapatkan. Namun untuk mendapatkan semuanya itu, kita memerlukan akun email untuk proses registrasi atau berlangganan. Tanpa email kita tak dapat mengakses jurnal ilmiah online.
3. Akses dunia kerja secara langsung.
Jangan heran jika di zaman sekarang tidak ada lagi para pelamar kerja yang menenteng Ijazah dari satu kantor ke kantor lain untuk melamar kerja. Di era internet ini para pencari kerja yang sedang mencari lowongan kerja telah menggunakan email sebagai sarana komunikasi dengan perusahaan tujuan. Penggunaan email bahkan lebih efisien karena menghemat biaya transportasi dan tenaga. Pengiriman curriculum vitae dan surat lamaran kerja dapat dengan mudah dilakukan melalui email, sebelum proses wawancara tatap muka dilakukan oleh perusahaan penyedia tenaga kerja.
4. Sarana promosi produk barang atau jasa.
Seorang penjual atau agen pemasaran produk atau jasa yang handal perlu memanfaatkan segala cara untuk bisa mendapatkan seorang pelanggan. Penggunaan email dalam pemasaran langsung (direct marketing) merupakan sebuah cara efektif yang dapat membantu pemasaran produk perusahaan secara lebih luas dan tepat. Dari sisi ini keberadaan email sangat menghemat biaya, tenaga dan waktu. Biaya pengeluaran pun dapat ditekan dengan adanya email.
5. Media pengiriman surat/dokumen.
Bagi para pelajar, email sangat diperlukan untuk pengiriman tugas-tugas sekolah. Melalui email para pelajar dan dapat mengumpulkan tugas-tugasnya ke email guru. Banyak guru, dan siswa saat ini menggunakan email sebagai media pengumpulan tugas. Siswa mengirimkan tugas-tugas atau pekerjaan yang ditugaskan guru melalui email guru. Email menjadi media pengiriman dokumen portofolio siswa. Guru pun menjadi lebih mudah dalam mendokumentasikan pekerjaan siswa melalui email.
Dari beberapa manfaat dan kegunaan email di atas, masih terdapat lebih banyak lagi manfaat dan kegunaan email di era global yang kegunaannya dapat berbeda-beda bagi setiap individu. Satu hal yang patut dicermati adalah email penting dalam proses pertukaran informasi, saling berkomunikasi, dan pengiriman dokumen penting. Dalam era internet atau informasi, keberadaan email tidak bisa dianggap remeh. Tanpa email, orang tak bisa berselancar di internet dengan mudah. Sekarang biaya akses internet secara selular dan berlangganan melalui provider di rumah semakin murah. Siswa dan guru pun bisa mengakses informasi di manapun dan kapanpun. Tugas-tugas dari guru bisa dikirimkan lewat surat elektronik atau email yang dikelola dengan baik oleh siswa.
Adanya email, orang lain dengan mudah dapat menghubungi anda di dunia maya. Anda dapat membukanya di mana saja dan kapan saja, asalkan terkoneksi dengan internet. Dari alamat emailmu itulah anda bisa melakukan registrasi ke berbagai hal yang diperlukan, misalnya bila ingin mengakses ke website kompas.com, maka anda harus melakukan proses registrasi terlebih dahulu.
Dalam wikipediadituliskan, Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan ‘mainframe‘ yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi

MANFAAT EMAIL BAGI MAHASISWA
Teknologi informasi berkembang demikian cepat. Dewasa ini, manusia hampir tidak bisa dipisahkan dari produk-produk teknologi informasi. Sebut saja telephone cellular dan internet yang tidak dipungkiri mampu mempermudah beragam aktivitas hubungan antarmanusia sehingga lebih sederhana, tanpa sekat ruang dan waktu.
Dengan adanya fasilitas teknologi informasi di kampus, mahasiswa akan mendapat kemudahan mendapatkan informasi dengan waktu yang singkat serta kemudahan melaksanakan tugas-tugas kuliah. Aplikasi teknologi informasi mempermudah proses perkuliahan dan mampu memberikan akses global. Untuk mahasiswa misalnya penerimaan materi perkuliahan menjadi lebih fleksibel dan bervariasi sehingga tidak membosankan. Mahasiswa selanjutnya dtuntut menjadi pembelajar yang aktif tidak bergantung pada materi di dalam kelas namun di luar kelas juga bisa menggali melalui internet.
Tujuan mahasiswa dalam menggunakan fasilitas internet bermacam-macam. Banyak mahasiswa menggunakan internet untuk penelitian, atau mencari berita asing, tetapi yang populer adalah email. Email itu adalah surat menyurat secara elektronik dimana pesan yang dikirimkan akan sampai dalam waktu singkat. Pesan email tidak hanya berupa tulisan tetapi dapat disertai dngan file gambar, suara, animasi, dan lain-lain. Selain itu, email dapat dikirimkan kepada ratusan orang hanya dalam satu kali pengiriman. Makanya, email ini menjadi penting untuk komunikasi dalam zaman modern ini, dan terutama bagi para mahasiswa. E-mail fungsi dasarnya adalah untuk komunikasi jarak jauh. Bedanya dengan metode komunikasi lain, dengan email kita bisa mengirim gambar, foto, video, atau dokumen dengan cepat dan mudah. Sementara itu, penggunaan email dalam konten pendidikan antara lain diimplementasikan dalam pembuatan materi pembelajaran dan penyampaian materi sehingga mahasiswa dapat langsung mendapatkan materi kuliah dengan cara mendownloadnya.
Dalam pengamatan rata-rata mahasiswa yang sudah menggunakan internet mempunyai alamat email sendiri. Alamat email mahasiswa itu semuanya bebas biaya seperti yahoomail atau hotmail yang terkenal. Mereka lebih menyukai yahoomail atau hotmail karena iklan-iklan situs web itu berhasil mempengaruhi mereka dan provider email itu sangat terkenal tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Juga masih merupakan sarana komunikasi yang tercepat dan tercanggih untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Fasilitas internet seperti email, www, dan YM atau MIRC sudah sangat popular diantara mahasiswa, baik sebagai sarana komunikasi maupun alat untuk mencari data, untuk penelitian lain juga sebagai alat untuk memperluas pergaulan dan perkenalan antarpengguna internet.
Dengan email kerjasama antar pakar dan juga dengan mahasiswa yang letaknya berjauhan secara fisik dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dahulu, seseorang harus berkelana atau berjalan jauh untuk menemui seorang pakar untuk mendiskusikan sebuah masalah. Kini berbagai hal tesebut dapat dilakukan dari rumah dengan mengirimkan surat elektronik (email). Makalah dan penelitian dapat dilakukan dengan saling tukar menukar data melalui Internet, via email, ataupun dengan menggunakan mekanisme file sharring. Bayangkan apabila seorang mahasiswa di Ambon dapat berdiskusi masalah kedokteran dengan seorang pakar di universitas terkemuka di pulau Jawa bahkan di Amerika. Mahasiswa dimanapun di Indonesia dapat mengakses pakar atau dosen yang terbaik di Indonesia dan bahkan di dunia, sehingga batasan geografis bukan menjadi masalah lagi. Sharring information juga sangat dibutuhkan dalam bidang penelitian agar penelitian tidak berulang (reinvent the wheel).
Selain itu, email juga efisien untuk mengirim lembar dokumen dalam jumlah banyak tentu akan memakan banyak biaya dan waktu jika dokumen harus dicetak dulu dan dikirim lewat paket pos biasa.Misalnya saja untuk mengirim tugas kepada dosen. Dan yang tidak kalah penting juga, email juga sebagai identitas di internet. Misalnya dipakai pada saat menggunakan fasilitas tertentu seperti untuk membuat blog, akun facebook, twitter, YM, mailing list (milis),dan lain-lain. Mailing list berarti daftar alamat E-mail untuk setiap orang yang ingin menerima mail tentang topik tertentu. Mailing List atau Milis (kadang disebut posting), pada dasarnya masih merupakan komunikasi dengan memanfaatkan layanan e-mail, yakni mengirim dan menerima E-mail ke, dan/atau dari sekelompok orang dengan tujuan penggunaan sebagai sarana diskusi, yang biasanya dikelompokkan berdasarkan topik diskusi, kelompok tertentu atau pengelompokan lainnya. Selain untuk diskusi, milis juga dapat digunakan untuk sharing foto dan file. Singkat kata, milis merupakan cara paling mudah bagi suatu komunitas untuk saling berkomunikasi di internet dan sekarang ini terkenal sebagai komunitas maya.

2 komentar:

wijaya sentosa mengatakan...

ijin copas y
thanks

Revaldo Pratama mengatakan...

mantap pak

Poskan Komentar

 
;